Manfaat Mendongeng Bagi Anak Usia Dini

Manfaat Mendongeng Bagi Anak Usia Dini

 

Ketika kita masih kecil, kita pasti pernah di bacakan dongen oleh orang tua kita, dan mungkin waktu di bacakan dongen itu adalah waktu yang selalu kita nantikan. Terutama ketika kita akan pergi tidur pada malam hari. Biasanya dongeng yang diceritakan itu ialah dongeng-dongeng tentang kerajaan, putri dan binatang.dan membuat kita berimajenasi seakan – akan berada di dalam dongeng tersebut. Tahukah anda ternyata dongeng itu memiliki manfaat bagi anak usia dini. Berikut ini ada beberapa manfaat dari dongeng itu sendiri bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil:

1. Melatih anak dalam mendengarkan

Membacakan dongeng bagus bagi si kecil, karena ketika kita mendongeng otomatis anak harus mendengarkan. Sehingga jika kita sering membacakan dongeng kepada anak, daya dengar mereka akan semakin bagus dan semakin peka dalam menangkap berbagai informasi.

 

2. Melatih daya simak

Menyimak sangat penting dimiliki oleh seorang anak, apalagi ketika ia berada di bangku persekolahan. Sebab banyak sekali pengetahuan yang diberikan oleh gurunya yang harus ia pahami. Ketika anak sejak kecil sudah terbiasa dibacakan dongeng maka ia akan memiliki kemampuan menyimak yang baik, sehingga mudah menyerap informai. Hal ini dikarenakan indera pendengaran anak telah terlatih untuk mendengarkan sebuah informasi sekaligus menangkap apa makna dari informasi tersebut.

3. Mengenalkan kosakata baru

Ketika orang tua membacakan dongeng, biasanya dongeng yang dibacakan itu itu saja. Akan tetapi biasanaya anak meminta dongeng yang berbeda karena ia sudah bosan dengan dongeng yang sering dibacakan. Tahukah anda ternyata membaca dongeng juga bermanfaat sebagai sarana mengenalkan kosakata baru kepada anak. Jadi semakin banyak dongeng yang anda ceritkan kepada anak semakin banyak kosakata yang dimiliki oleh anak anda tersebut. Perbendaharaan kata yang kaya akan semakin memudahkan anak dalam berkomunikasi secara jelas dan lancar. Nah, mulai sekarang usahakan untuk menceritakan dongeng yang berbeda ya kepada anak.

4. Melatih kemampuan berbicara

Ketika kita mendongeng otomatis anak akan mendengarkan dongeng yang sedang k